Keadilan

Yang sering berkelebat di pikiran saya akhir-akhir ini adalah tentang makna keadilan. Mengapa?

  •  Ada fenomena di media online, wabil khusus news feed di akun Facebook saya, yang dipenuhi status dan berita bersentimen negatif tentang suatu  kelompok, kaum, organisasi,  dll. Ada budaya saling serang, saling anti, dan saling menjelekkan.
  • Sering saya temui fenomena di kampus seperti ini: “Bu, saya minta kebijakan Ibu supaya saya bisa ikut Ujian. Kehadiran saya kurang dari 75%, di luar ijin dan sakit. Saya sering kesiangan bangun pagi, bla bla bla..”  

Saat menghadapi dua fenomena itu, yang biasanya terlintas di pikiran adalah potongan kalimat di bukunya Pak Pram –Bumi Manusia– yang sangat mengesankan bagi saya: ….berlaku adil sudah sejak dalam pikiran.. 

Adil, bagi saya adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya. Adil berarti menjaga akal sehat saat menghadapi suatu perbedaan pendapat atau opini. Adil bukan berarti sama rata.

Di Al-Quran, ada jawabannya untuk fenomena pertama yaitu:

Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum membuatmu tidak berlaku adil. Berbuat adillah karena ia lebih mendekati ketakwaan. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al Maa’idah: 8)

Untuk fenomena kedua, prinsip keadilan yang saya gunakan adalah menempatkan konsekuensi bagi mahasiswa pada tempatnya. Saya harus adil juga kepada teman-temannya yang sudah berusaha memenuhi syarat kehadiran.

Salam Keadilan dan Kesejahteraan😀

1 comment so far

  1. novi on

    Penjelasan spesial untuk indz tentang hubungan fenomena di media online dengan keadilan:
    Biasanya yang terjadi, dalam berkomentar atau membagi berita kita cenderung dipengaruhi oleh kesukaan/ketidaksukaan kita terhadap suatu hal, sehingga menjadi tidak adil dalam menilai, menghakimi, bertutur kata, dll. Tidak adil di sini adalah kita tidak berusaha mencerna dengan akal sehat apa sebenarnya yang sedang dibaca karena dipenuhi oleh prasangka buruk dan kesombongan.


Leave a Reply

