Mom’s writing #1: How to deal in the morning peak hours

Menjadi Ibu berarti tidak berhenti belajar untuk menghemat waktu, mencari kesempatan dalam kesempitan dan tetap menjaga akal sehat di tengah kondisi ekstrim. Dan, pagi adalah waktu yang memerlukan tiga hal ini karena target jam 8 semua anggota keluarga sudah bisa mulai beraktivitas dengan perut kenyang, badan segar, dan hati riang🙂

Menghemat waktu berarti berusaha memilih cara-cara yang paling sederhana dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Contoh: memasak nasi sekaligus telur, tempe, tahu, ikan dll dengan menggunakan rice cooker yang memiliki fitur kukus di atasnya. Menyuapi anak-anak secara bersamaan. Kalau bisa, Ibu juga ikut makan. Keuntungannya, anak biasanya terpacu untuk makan dengan enak karena melihat Ibunya makan juga.

Mencari kesempatan dalam kesempitan berarti selalu melihat celah yang bisa dimanfaatkan. Contoh: saat mengurus jemuran baju, manfaatkan dan libatkan anak usia toddler untuk membantu. Manfaatkan waktu yang sempit saat si kecil belum bangun untuk mengerjakan hal-hal yang tidak mungkin melibatkan anak, seperti memasak dengan menggunakan kompor, dll.

Tetap menjaga akal sehat dalam kondisi ekstrim berarti berusaha menahan emosi, menarik nafas dan tersenyum dalam kondisi ekstrim. Contohnya, rumah seperti kapal pecah, si kecil kotor lagi setelah mandi, masakan ditolak oleh anak-anak, si kecil tidak mau ditinggal karena sedang sakit, semalaman begadang, dll.

Tapi, yang paling penting dari tiga hal di atas adalah seorang Ibu harus bangun pagi sebelum anggota keluarga yang lain bangun. Kalau tidak, kemungkinan besar semuanya akan kacau balau. InsyaAllah, jika ikhlas, semuanya akan bernilai ibadah. Amiin.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: