Di Sini Pecel, Di Sana Pecel

Hmm, tambah satu lagi hobi kami yang sama: sangat menikmati kuliner ndeso di mana pun berada. Sebut saja, angkringan, rujak bumbu petis khas Situbondo sampai bumbu manis, nasi ayam ala KA ekonomi, bajigur, singkong (digoreng, dikolak, dll), dan … satu menu terfavorit: Pecel! Pecel Madiun, pecel Kediri, pecel Kroya, pecel Wonogiri, pecel ayam, pecel telor,…

Bagi kami -terutama bagiku sih😀 -, pecel adalah hidangan istimewa yang selalu dinantikan. Anehnya, nggak pernah bosen. Dari semua pecel yang pernah dicicipi, selalu ada rasa yang unik. Wangi daun jeruk di pecel Madiun, rasa pahit  (tapi enak)nya daun pepaya rebus di pecel Kroya, bumbu kacang sederhana yang ditambah bongko khas pecel Wonogiri, semuanya selalu berkesan. Seperti semalam, pesan pecel telor sambil memperhatikan gaya Mas penjual yang menggoreng telor dalam minyak panas. Paginya, langsung dipraktikkan. Hehe.

Ini baru dari satu makanan yang namanya pecel, belum lagi dari menu lain. Soto, misalnya. Wuih, kreativitas bangsa ini memang keren. Ini baru dari satu jenis potensi budaya, belum lagi jenis budaya yang lain. Batik, misalnya. Wuih…

Alhamdulillah🙂 Kita makan pecel yuk!

21 comments so far

  1. enggar on

    Waktu pulkam ke Madiun dulu sarapan tiap harinya pecel yang dibungkus pake daun dingkong, ditambah peyek kacang. Makannya lesehan di depan rumah. Nikmat deh🙂

  2. indz on

    ogah ah😛

  3. novi on

    @Mbak Enggar
    Wah, sedapnya🙂
    Pecelnya beneran dibungkus daun singkong ya Mbak?

    @indz😛

  4. inoex135 on

    pecel dago kok ga disebutin :D???

    mau lagi aku beli pecel yang di pasar dago, minta sambal yang banyak terus makan di gazeboo comlabs😀 nyam nyam nyam kek makan di tempat mahal ya😛 hehehe

  5. inoex135 on

    daun singkong khan kecil ya ?? kok bisa dipake ngebungkus sih??? penasaran… salah kali mbak enggar, bukan dauh singkong tapi daun jeruk…

  6. Laila on

    aku gak terlalu suka pecel sih, tapi kalo lagi malas makan, ya beli pecel si Mbak yang jualan di belakang rumah aja. Pernah denger gak guyonan yang bilang : asal muasal salad itu dari pecel?!

    lama-lama kupikir bener juga… cuma karena tuh orang bule gak suka bumbu kacang, jadi pake mayyonaise :p

  7. novi on

    @inoex135
    postingan ini dipublish sebelum makan pecel dago, hehe
    yuk…

    @Laila
    Hmm, atau pecel asalnya dari salad😀
    Tapi sayurnya beda banget, Laila..

  8. Fajar on

    ga di post bareng resepnya mbak? penasaran juga

  9. Laila on

    berhubung di western sana jarang make kacang panjang, kan gak make, tapi kol mereka make kok, paling gak kol ungu :d

  10. smartsholeha on

    he..he.. klo kalian punya hobi sama2 makan pecel/ sayuran, kami ga, aku sangat hoby sayuran sedangkan beliau ga terlalu suka… tapi begitulah… so tiap jajan saling nyicip makanan. karena pesanannya kadang beda ^_^, emang tiap orang itu unik ya…

    jadi kangen sego pecel di Djogja…

  11. bobby86 on

    numpang lewat

    mantabs!!!

    Makanan adalah bahasa universal….Ngarang…hehe

  12. Billy Koesoemadinata on

    wah,, asik banget.. tapi makannya ga sepiring berdua kan?😀

  13. tya on

    asLMkm…
    mbak ne aq TYa
    HMmm
    q TX crax ngasiH tanGGaLn d bLOg GMN???
    hehehhe
    q da tuGAz dri skuL

  14. tya on

    waalaikumsalam…
    o..
    BeRArti otomaTis dRi wordpressX??
    ywda d…
    makaci y mbak…
    hehehe

  15. Pakacil on

    pecel memang nikmat.
    dulu waktu kuliah saya tiap pagi makan varian pecel, yakni nasi pecel, kadang pakai nasi jagung + pecel.
    sampai saat ini, selalu menyempatkan diri makan pecel.

  16. Pak Yok on

    Mbak Novi

    Suka penggemar pecel yaa….
    Pernah ke Wonosobo..Jateng ?
    Ditempatku ada pecel eunaak lho, mau coba.
    Datang ke Resto Tanjung di Agrowisata Tambi Tanjungsari Wonosobo.
    Pecel dengan nasi bungkus bakar…wuahhh sip teunann.

  17. aris on

    wah… jadi merindukan nasi pecel juga ini… (pecel tumpuk ronowijawan-ponorogo)

  18. muslimfisika ITB on

    asw.

    wow, a nice blog.

    I like this.

    salam kenal dan
    selamat berkrya lewat tulisan.

  19. OKKY@EVANTRISUSANTO.NAME on

    emang nasi pecel di mana sih ?

  20. Areep on

    podo aja, di jogjah juga getoo.. emangs eeh makanan melimpah, tapi dari ujung ke ujung makanan kompaaaaak semua ada pecel lele.. huf… ampe klenger ngglier ama nyang namanya pecel mah

  21. adi on

    mauuuuuu sapa ye .. yang bisa bikinin untuk aq …. he…he


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: