Memulai dan Menjaga

Memulai memerlukan energi aktivasi yang besar. Selanjutnya, akan hadir semangat yang meletup-letup. Jika tidak hati-hati, setiap yang berlebihan itu tidak baik. Mungkin akan hadir ketidakseimbangan, lalu kebosanan pun menyerang. Sesuatu yang terasa istimewa di awal, lama-lama menjadi biasa-biasa saja. Waktu memang menakutkan, bisa mengubah segalanya namun tidak bisa mengembalikannya.

Menjaga juga memerlukan energi, tapi bentuknya berbeda dengan energi aktivasi. Hmm, mungkin harus lebih halus (emang gimana sih, bentuk energi yang halus?). Sedikit demi sedikit, tapi selalu ada. Perlu momen-momen sederhana untuk membuatnya selalu aktif, seperti: ibadah-ibadah sunnah. Semoga selalu terjaga dalam cinta kepadaNya.

-maaf, postingan ini sangat tidak jelas. nggremeng ora nggenah alias ngacapruk teu puguh-

20 comments so far

  1. inoex135 on

    jelas kok🙂

    soalnya aku mengalami hal ini, ketika sudah memulai namun aku tidak menjaganya akhirnya aku jatuh ke titik dasar lagi… bahkan mungkin lebih dalam lagi…

  2. yttrium04 on

    nggremeng ora nggenah alias ngacapruk teu puguh…
    bahasa campur aduk macam mana ini..?? hehe..

  3. rijal28 on

    santai nov.. keep move on..

    kabeneran keur di ajar field emission, aktivasi elektron😀

  4. rijal28 on

    nov, kunaon komen saya teu masuk mun nganggo alamat web nu baru😦

    Rijal28.info

  5. rijal28 on

    nyoba komen lagi pake TutugOncom.Net😀

  6. irma on

    hmm..postingane nggenah koq,pripun kbare mbak yu?apik to?ne’ arep nggo boso jowo dolanan neng kene wae, neng ngayogyakarto hadiningrat,jeng..
    ak meh sinau boso jowo halus,tp yo durung iso2..arep sinau karo koe wae,jeng.. matur suwun nggih..

  7. nursatwika on

    Bener tuh. Aku juga sering merasa begitu. Awalnya bisa meluap-luap. Tapi pas di tengah-tengah kedodoran. Abis tenaganya udah diabisin di awal. Yah, kita memang mesti belajar buat mempertahankan semangat. Apalagi yang mau TA….Smangat-smangat. Nov, maksih udah berkunjung ke blog ku ya…

  8. waskita on

    Menjaga ini barangkali sama dengan istiqamah ya ?

  9. bangzenk on

    novi maaf dijadiin tempat ngetes komen :p nyerah ah klo masih dianggap spam😦

  10. novi on

    @wisnu
    berarti harusnya nggeremeng sing nggenah alias ngacapruk nu puguh. jadi aneh😀

    @dian aka yttrium04 (namamu ini susah banget)
    bahasa campur-campur yan😛

    @rijal
    ok jal, keep move on.
    malah ngetes komen👿

    @irma
    hoo, syukurlah kalo nggenah. alhamdulillah kabarku apik… sinau boso jowo alus karo aku??? salah tempat mbak.

    @reni
    duh, TA. tapi thanks, dah ngingetin ttg TA ren🙂

    @P’Waskita
    yup, sama dengan istiqamah pak. menjaga untuk selalu lebih baik, dan lebih baik lagi.

  11. dianis on

    novi, apa kabar??
    hallo, blog?? aduh tos lami teu posting, his hiks..
    percis seperti postingan novi ini..
    smangat222!!!

  12. ikanteri on

    jadi ingat TA yg ga selese2 T_T. awalnya semangat2, tapi lama2 lemez. Makasih dah diingetin ya. Jadi ada energi aktivasi lg🙂

  13. indz on

    Iya nih, nggremeng rak nggenah (aq bela ni, ga ikut2 menyangkal :-D), kurang panjang postingannya.. Haha. Semangat Nov!
    *kulo mawon tiyang jawi tulen naming mboten saged basa ingkang alus :-(*

  14. Gandhi on

    wah ketinggalan euy! dh jarang ngblog, maklum sibuk malas. hiks..

    Waktu memberi kita untuk belajar. Karena setiap moment yg disuguhkannya adalah ilmu. He8x..

    Maaf br belajar hidup dan merangkai kata.. (Bsk pagi di posting di The Journey)

    Tp mun dipikir-pikir mah asa kasindir. Bljr PHP na melempem euy! Thx dh mengingatkan!

    Sukses TA dan psiapan k jogjana. ha8x.. pasti batur mah teu apaleun.. :d

  15. 37degree on

    energi aktivasi,, ckckck,, anak IF ngomongnya pake bahasa kimia gini, hehehe

  16. Gandhi on

    Ayo kita belajar hiduuuuuup… 🙂

  17. novi on

    @dianis
    alhamdulillah sae yan. wah2, neng dian muncul lagi, kembali dari pertapaannya.

    @goppy
    ayo goppy… sebagai sesama anggota PnG, kita harus saling menyemangati🙂

    @indz
    makasih mbak, dah dibela. heheheu..

    @gandhi
    kapan atuh mo belajar lagi, tampak sedang sibuk nih😛

    @ajeng
    hueheheu, biar keliatan keren.

  18. Ahmad Ridwan on

    mungkin seperti hukum newton I tentang kelembaman, bebek-bebek yang diam akan cenderung tetap diam, bebek-bebek yang sudah bergerak akan cenderung memotong jalan raya.

  19. smartsholeha on

    aslm damang mbak yu?hmm..gt y,kulo mboten saged boso jowo halus..pripun?
    y,kykny bth energi aktivasi yg dperhalus biar mbntu lbh mnghaluskn kerikil2 di jalan ksuksesn TA..amiin,keep istiqomah..
    hatur nuhun tos di emutan..

  20. rela on

    ngacapruk teu puguh anu puguh ya nov🙂
    puguh ko puguh.. dan bermakna dalaaaaam sekali …
    mmh …..
    oia maaf ga sempat menghubungi pas pulang kemaren,
    sempat sakit jadi ga terlalu sering keluar..
    dan tiap ke kampus suka ga direncanakan .. jadinya ga sempat sms..
    maaf yaaaaa :(…🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: