Jus Kunyit

Terinspirasi oleh postingan t’rela yang ini, ternyata kunyit bisa jadi lalapan. Jadi penasaran… Nah, sekarang kita coba jus kunyit (alias jamu kunyit) aja yuk! Pas pulang kemaren dibikinin ibu, whuaa… segarnya… Di Bandung ga pernah minum, maklum peralatan masaknya terbatas (alasan). Kalo beli dari mbak penjual jamu gendong, kok rasanya kurang mantap. Btw, kami memang keluarga penggemar jamu, bahkan kata ibu sejak bayi aku udah hobi minum jamu, dari yang super pahit sampai yang manis.

Katanya (kata siapa? googling aja deh😛 ), kunyit itu bagus untuk pencernaan, metabolisme tubuh, melancarkan peredaran darah, dsb. Oke, aku ga bahas ini. Langsung aja ke cara bikinnya, tapi takaran bahannya terserah, tergantung kekentalan dan rasa yang diinginkan. Biasanya, satu gelas yang gedenya standar itu butuh 3-4 kunyit berukuran sedang.

  1. Cuci bersih kunyit, potong-potong. Taruh di gelas blender, tambah air matang secukupnya terus diblender sampai hancur (kalo pengin diparut, silakan… tapi tangan pasti jadi kuning dan cukup susah ngilanginnya)
  2. Saring hasil blender-an. Biasanya, pake saringan yang kecil gitu, terus dipenyet-penyet pake sendok sampai bener-bener jadi ampas. (Lagi-lagi ini biar tangan kita ga kuning)
  3. Sekarang, kita kasih rasa manis. Mau pake gula jawa yang dihancurkan silakan, atau pake madu juga ga papa. Ini dia yang bikin seger: tambahkan larutan asam jawa.

Selamat menikmati.. Let’s back to nature.

15 comments so far

  1. Ooze on

    YOOOOOOOW……

    wah… sepertinya enak…
    pengen coba…
    cuma mo cari bahannya dmana dsini?? (>_<)

  2. Gandhi on

    Kalau ada yang beli bahannya ke Ceungceum aja! Ha8x… Tapi apa ga ribet tuh bikina? Kan kuning-kuning gt… Ho8x…

  3. irma on

    hmm jus kunyit= jamu kunyit,btw slh 1 mnuman khas dJoGJa,yg djual bebas d wilayah kampus adlh ES KUNYIT ASEM,dan bbgai variasiny..(dtasik/bndung mah jrang jamu pk Es) bth Rp1000 aj(dlu 500rp lho)..
    g’susah criny,dr BOULEVARD UGM spanjang jalan mnuju GRHA SABHA djual bebas,bs dnikmati dgn KTOPRAK,SOTO JAWA,TEMPURA.. siip deh..
    tp te2p jamu bwtn sndri lbh sedep..ok!nhun..

  4. husain on

    Kalau kunyitnya mau diparut, kan bisa pakai (kaos tangan) plastik. termauk waktu meras.

    Jadi inget waktu kecil. Bahan tambahannya selain asam, bisa juga pakai jeruk.

  5. indz on

    Kunyit jadi lalapan? kok aneh y.. >_>
    Bisa sih bisa, tp rasanya enak ga ya😀

  6. novi on

    @Ooze
    YOOOOOOOW……
    hmm, susah ya cari kunyit di sana. makanya cepet pulang, van!😛

    @Gandhi
    Yee.. knp harus jauh2 ke ceungceum?
    kan udah dijelasin biar ga kuning2 tangannya.

    @irma
    oya, lupa. biar seger bisa pake air es ato dimasukin ke kulkas dulu. Thnx moy ^^
    asa kabita jajanan di UGM…

    @mas husain
    iya juga ya🙂 tapi jadi ribet. heuhehe..
    satu referensi lagi: tambahin jeruk. makasi mas..

    @indz
    nah itu mbak, makanya aku jadi penasaran rasanya gimana😀

  7. rela on

    aaaaaaaaaaaiiiiiih novi….
    makasii ya…
    mun kunyit asem mah, tth juga suka
    langganan ma si yayuk yang suka lewat kalo di bandung…
    sayang disini gak ada lagi..😦
    btw on my way bus way…si asemnya ukurannya segimane yeeee???

  8. rani! on

    huueeeeekk…

  9. indri on

    Hue, lafra kenapa tuh, ga doyam kunyit yak😀
    Nov kok jus kunyit mulu sih, update dong..

  10. andaluzzia on

    [oot]
    jazakillah khoiran katsira utk ukthi novi dan temen2nya atas kiriman dari telkom😀

    very much helpful.. gracias senorita..
    [/oot]

  11. kceydloaz on

    bisa bikin kulit kuning langsat ga????

    =D

    =0

    =)

  12. novi on

    @t’rela
    syukurlah kalo teteh suka🙂 asemnya ukuran standar aja teh, sesuai selera. biasanya, untuk segelas itu, pake 3 biji.

    @lafra
    heuhuehe😀 enak kok laf… cobain deh.

    @indri
    diupdate kok mbak, tp masih numpuk di draft😀

    @k’izzul
    wa iyyakum kak.. semoga bermanfaat ^^

    @mbak indah
    hmm, mungkin. silakan dicoba ya.. =)

  13. Gandhi on

    whuaaah, dah jalan-jalan dari nyi dian, eh ada kalimat:
    “di update dong, sibuk TA ya?”

    sama kalo gt ya nov?🙂

    kalian sibuk TA, saya? hi8x… Sisibukan we lah…😀

  14. rita on

    kalau aku dulu sering dibuatin kunir asem (kunyit asam) sama ibuku. tapi kunyitnya ga diblender, cuma diiris-iris tipis. rasanya enak..😀

  15. wawan on

    khasiatnya apa jus kunyit? kalo cowo sering konsumsi jus kunyit, boleh ga?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: