Khadijah, The True Love Story of Muhammad

Akhirnya kesampean juga beli plus baca buku ini. Buat yang pengen tau buku macam apa ini, ato masih ragu pengen baca ato nggak, ini kilasannya… semoga membantu🙂

Kalo dilihat dari judul dan warna covernya yang pink banget, mungkin akan banyak yang mengira isinya adalah kisah cinta romantis antara Rasulullah dengan Siti Khadijjah. Sebenarnya, membaca buku ini seperti membaca kembali sirah nabawiyah dalam gaya tulisan yang berbeda. Kalo biasanya, sirah dimulai dari kelahiran Rasul sampai wafatnya sedangkan buku ini bercerita dimulai dari asal usul Siti Khadijah, sampai beliau wafat. Alurnya maju mundur, dan cukup sering membuat pengulangan di beberapa penggalan kisah untuk memberi penekanan di sana.

Dalam setiap bab, penulis biasanya menyertakan syair-syair yang dibuat oleh para shahabat, pembesar quraisy, paman Rasulullah (Abu Thalib), dsb. Kisah yang murni tentang Khadijah ga terlalu banyak, kecuali di bab awal dan bab terakhir yang isinya memang 100% bercerita tentang kisah hidup dan keistimewaan beliau. Tapi bagi saya, itu sudah cukup membuat malu dan… apa ya? intinya, beliau keren banget deh! ^_^

Mungkin selama ini, kita (saya lebih tepatnya) sering merasa bahwa kehidupan Rasulullah, Siti Khadijah dan para shahabat sangat melangit. Terlalu ideal, jauh dari permasalahan kekinian, dan lain sebagainya. Membaca buku ini, saya jadi tau: “ooo, ternyata Siti Khadijah pernah resah karena belum juga dikarunai seorang putra, Fatimah dan Ali pernah berantem lalu didamaikan oleh Rasul…” Ya, bumbu-bumbu kehidupan itu tidak menjadikan mereka lemah dan berlama-lama berada di sana, namun sebaliknya membuat mereka semakin kuat untuk memperjuangkan kebenaran Islam. Subhanallah…

13 comments so far

  1. dian indah savitri on

    hmm..akhirnya ngpost resensi buku juga..
    sukses ya..aku tunggu buku2 yang lainnya..

  2. rani! on

    ihihihihi…

    jadi kapan nov? ;))

    *ga nyambung nih komennya*

    pinjeeeeeem…😛

  3. Gandhi Anwar on

    wuaaah.. tuw bku genre female only ya? hi8x.. becanda

    sami sareng nyi dian ah.. di antos nu sanes na..🙂

    eh buku nv msh da di sy ga ya? prasaan ada.. mau dihibahkan sja? :d

  4. novi on

    @dian
    nuhun yan, untuk support + sarannya ^_^

    @rani!
    hue.. sekalinya komen, eh ga nyambung😛
    mo pinjem? oke..

    @gandhi
    di covernya sih, 100% untuk wanita. tapi bisa dibaca oleh seluruh kalangan kok.
    ada gitu?? ga inget gan.

  5. ahmad on

    assalamu’alaikum wr.wb.
    ba’da tahmid wa shalawat

    salam kenal buat novi… moga tulisan2nya menjadi salah satu sarana dakwah yang akan menyadarkan banyak orang akan kuasa Allah. amin.

  6. luzzi on

    hm.. judulnya sounds familiar…
    oia.. pernah liat & ditawarin di pameran buku @ library senayan..
    dulu pengen beli tapi… anggarannya sudah dialokasiin utk yang lain😀
    jadi pengen nyari lagi

  7. dian indah savitri on

    sama novi..padahal blog aku masih kosong,,
    belom pernah review apa2..
    udah berani jadi komentator..
    ah..jadi malu…

  8. taufikr on

    Subhanalloh, kata2 terakhirnya dahsyat !
    “Ya, bumbu-bumbu kehidupan itu tidak menjadikan mereka lemah dan berlama-lama berada di sana, namun sebaliknya membuat mereka semakin kuat untuk memperjuangkan kebenaran Islam.”

    btw ada kenalan yg mirip Siti Khodijah atau Aisyah g? hihi..

  9. rusdin on

    Bagus tulisannya! Kapan ya aku dapet istri seperti Khadijah? Moga saja jodohku seperti Khadijah…kecantikan, dan kecerdasannya….

    ada yg pingin carikan aku seorang khadijah?

  10. Indz on

    Waduh, m.taufik ma rusdin kok malah cari jodoh disini,huehe..
    Lumayan bc resensi lbh enak dan ringkas, malas baca ni n0v, hoho..

  11. novi on

    @ahmad
    wa’alaikumsalam. aamiin.

    @k izzul
    beli aja kak, bagus🙂 komentarnya kmrn ketelen akismet. untung sempet diselamatkan.

    @dian
    jangan malu donk yan😛

    @k taufik
    wah, ndak tau kak..

    @rusdin
    aamiin.
    ada yg mau bantuin rusdin cari khadijah masa kini?

    @indz
    iya nih, blogku jadi biro jodoh. hehehe…
    baca donk mbak🙂

  12. anis on

    wew, bagus juga ya baca sirah dari sudut pandang yang lain… sepertinya menarik. saya baca novel yang tentang pembunuh hamzah juga seru, memperlihatkan sirah dari sudut orang kafir Quraisy…

  13. mariana on

    jadi pengen baca,, resensinya bagus, hehe =)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: